8:46 AM
Kiswa Suryatna Tampil Sederhana
dan Merakyat
(Portal Cikancah) - Pemilihan Kepada Desa Bunter tinggal beberapa hari lagi, semua calon kepala desa sudah mulai disibukkan dengan agenda-agenda kampanye.

Desa Bunter yang kali ini berhasil meloloskan 5 calon Kepala Desa Bunter telah melakukan beberapa tahapan menuju ke pemilihan yang akan dilaksanakan pada hari Minggu 17 April 2016. Dari lima calon Kepala Desa Tarso yang sudah pernah merasakan duduk di kursi Kepala Desa meskipun sebagai Pejabat Sementara karena kekosongan waktu itu kini mencoba mencalonkan diri.

Ada juga perangkat desa yaitu Turdi yang sudah lama menjadi aparatur desa kini mencoba masuk dalam perebutan kursi nomor satu di Desa Bunter. Melihat ramainya calon diharapkan masyarakat lebih jeli melihat bobot dari para calon.

Masyarakat memang sedang menunggu terobosan atau gaya kepemimpinan yang pro rakyat, terbuka, bersih dan Mandiri serta dapat menyesuaikan dengan perkembangan zaman terutama bisa mengakomodir para kaum muda dalam menyediakan lapangan pekerjaan.

Dari lima calon yang memperebutkan kursi nomor satu di desa Bunter, adalah Kiswa Suryatna dengan nomor Urut 3 yang datang dari luar pemerintahan sebelumnya dan belum pernah menjabat atau menempati posisi di pemerinthan desa Bunter menawarkan beberapa program unggulan kepada masyarakat.

Ditemui di rumahnya di Kampung Cikancah  dia mengunkapkan ada beberapa poin penting apabila dia berhasil dan dipercaya memimpin desa Bunter. Diantaranya reformasi birokrasi yang lebih terbuka, pelayanan cepat dan terbuka kepada masyarakat.

Kiswa juga ingin mengakomodir para pemuda dalam berbisnis yang akhir-akhir ini sudah mulai marak adanya pergerakan trend positif mengenai ekonomi kreatif yang berbasis internet. Namun Kiswa juga menyadari susahnya akses internet di Desa Bunter, maka dari itu apabila dia berhasil didukung oleh masyarakat dipasikan akan membangun sarana berupa mendirkan antena Wifi agar bisa mengakomodir kebutuhan tersebut.

Berkaca dari desa-desa lain yang sudah lebih dulu merasakan manfaat dari intenet, Kiswa pun berkeinginan bahwa nantinya Desa Bunter bisa lebih update dan lebih maju dengan menggunakan intenet sebagai basis informasi Desa Buter dan dapat menggerakan perekonomian masyarakat desa Bunter pada umumnya.

Selain dunia Teknologi, Kiswa juga mendorong para petani agar lebih produktif dalam mengelola lahan dan bisa menjadikan desa Bunter lewat Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) menjadikan desa Bunter sebagai sentra pembibitan. Untuk mendukung program tersebut nantinya akan diadakan penyuluhan-penyuluhan dari dinas terkait dan mencoba mencari alternatif permodalan dengan mendatangkan investor atau bekerjasama dengan pihak perbankan dalam segi permodalan.

Selain reformasi pada aparatur desa kesejahteraan RW dan RT juga mendapat perhatian serius dari calon Kepala Desa dengan Nomor Urut 3 ini. Dengan permasalahan yang cukup kompleks di Desa Bunter ini Kiswa mencoba menyodorkan terobosan-terobosan program demi mewujudkan desa Bunter lebih kompetitif dibanding desa-desa lainnya.

Pembangunan baik fisik dan non fisik yang sempat terbengkalai bertahun-tahun karena situasi pergantian kepempinan yang diakibatkan permasalahan yang ada mengakibatkan tertinggalnya Desa Bunter dibanding desa-desa lain dibawah kecamatan Sukadana.

Kesimpulannya Bunter merindukan pemimpin yang bisa memberikan terobosan baru dan mampu mandiri dalam membangun desa Bunter serta memanfaatkan Teknologi yang tepat untuk mendukung percepatan pembanguna di Desa Bunter.

Masyarakat diharapkan tidak terpengaruh dengan money politik (politik uang) yang bisa menjebak nasib semua masyarakat Desa Bunter kedepannya, jangan sampai karena sejumlah uang mengalahkan hati nurani kita dalam memilih calon kepala desa. Kita harus ingat dengan memilih seseorang berarti kita berinvestasi sepanjang  masa jabatannya, kalau baik berarti kita ikut baik dan kalau buruk hasilnya berarti kita ikut buruk selama periode kepemimpinannya karena satu suara yang kita berikan menentukan nasib seorang calon untuk duduk di kursi nomor satu di Desa Bunter.









0 Comments:

Post a Comment