10:30 AM



PC - Hampir diseluruh wilayah Indonesia di Bulan Oktober ini sudah mulai memasuki musim penghujan. Berbagai persiapan mestinya kita antisipasi dari sekarang baik yang berhubungan dengan bencana akibat musim hujan seperti Banjir, Tanah Longsor atau bahkan penyakit yang bisa timbul saat musim penghujan tiba.

Nah disini kita tidak akan membahas panjang lebar mengenai dampak dari musim penghujan namun kita coba bahas kira-kira bisnis apa/peluang apa yang dapat kita jalankan pada musim penghujan ini. Dengan melihat dan memperhatikan setiap perkembangan atau fenomena saat musim hujan tiba banyak masyarakat memanfaatkan kondisi dan situasi ini menjadi sebuah peluang bisnis, yuk kita intip bisnis apa saja yang banyak orang jalankan pada musim hujan :

1. Bisnis Laundry Keliling 
Ilustrasi/pixabay
Dimusim penghujan dipastikan keberadaan panas matahari sangat terbatas dan tidak jarang sepanjang  hari penuh karena cuaca mendung dan hujan praktis panas matahari tidak mampu menembus tebalnya awan.

Permasalahan pun timbul cucian yang seharusnya kering dalam satu hari jadi berlarut-larut dan menimbulkan bau apek atau amis karena tidak tersinari matahari.

Bagi sebagian orang jasa Laundry memang menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah cucian dan ini menjadi peluang bisnis Launfry apalagi mau door to door untuk mengambil dan mengantarkan pakaian kepada para konsumen. Jasa Laundry ini sangat potensial untuk dijalani mengingat para konsumen tidak harus susah payah berjalan mencari atau menuju tempat Laundry.

2.  Jual Masakan Siap Saji
Ilustrasi/pixabay
Hujan kadang membawa rasa malas untuk beraktifitas termasuk mencari sayuran atau lauk pauk untuk sarapan atau makan bareng keluarga.

Selain cuaca dingin atau keadaan yang kurang bersahabat akibat guyuran hujan kita suka berpikir bagaimana caranya ada hidangan makanan di meja makan tanpa harus keluar rumah dulu.

Nah ini menjadi sebuah peluang bisnis jasa kuliner yang mau memanfaatkan situasi ini untuk menyediakan pelayanan jasa jual Masakan Siap Saji dan bisa dipanggil atau sistem delivery order. Masyarakat akan sangat terbantu dengan jasa seperti ini.





3. Cuci Steam Kendaran
Ilustrasi/pixabay
Tingkat kekotoran kendraan yang digunakan pada musim hujan tentunya menuntuk kita harus membersihkannya hampir setiap hari setelah mobil atau motor kita gunakan.

Mencuci sendiri dirumah memang kadang menjadi aktifitas yang mengasikan namun kalau kondisinya dilakuakn setiap hari kadang kita merasa cape juga.

Solusinya adalah mendatangi tempat cuci kendaraan agar lebih efisien dan praktis kita bisa menunggu sambil baca koran dan minum secangkir kopi mobil kita/kendaraan kita sudah kinclong, praktis bukan? Itulah kenapa bisnis cuci kendaraan sangat berpeluang dimusim hujan.

4. Menjual Perlengkapan Hujan
Ilustrasi/pixabay
Tidak dipungkiri di musim hujan hampir setiap orang yang beraktifitas diluar ruangan pasti memerlukan beberapa perlengkapan saat menghadapi musim penghujan, mulai dari Payung, Jas Hujan, Baju Hangat sandal atau sepatu khusus musim hujan akan sangat diperlukan oleh masyarakat.

Nah bagi kita yang mau menambah penghasilan pada musim hujan tentunya bisa menjual barang-barang yang sangat diperlukan seperti bahasan diatas tadi sehinga dapat menambah isi kantong meskipun musim hujan jadinya bisnis tidak terhalang oleh musim hujan tetapi justru tertolong, bagaimana tertartik?

5. Menjual Cemilan Keliling
Ilustrasi/pixabay

Musim hujan biasanya banyak aktifitas dirumah atau dalam ruangan, selain ditemani minuman hangat seperti kopi atau teh rasanya kurang afdol kalau tidak dibarengi dengan cemilan atau makanan kecil dalam setiap sajian minuman hangat tadi.

Bagi anda yang mempunyai keahlian membuat kue-kue kecil atau camilan, ini bisa menjadi sebuah peluang usaha dengan cara keliling door to door sehingga para konsumen tidak kesulitan harus keluar rumah untuk sekedar mencari camilan apalagi cuaca hujan.


6. Jasa Menulis Atikel
Ilustrasi/pixabay
Musim hujan bagi kita yang tidak memiliki profesi sebagai karyawan atau pekerja rasanya hujan bisa membantu kita untuk menuangkan hoby sebagai penulis.

Rintik hujan dan cuaca yang menyegarkan udara bisa menjadi sumber inspirasi bagi kita yang hoby menulis untuk membuat sebuah karya.

Ditemanin secangkir kopi atau minuman hangat kita bisa memulai aktifitas menulis dari rumah atau tempat-tempat yang tenang seperti cafe sehinga hujan ini tetap membawa barokah dan bisa menghasilkan sebuah karya sehingga bisa dijadikan sumber pendapatan bagi kita. Selamat mencoba..


0 Comments:

Post a Comment