10:39 AM
Ilustrasi/Foto :google
Portal Cikancah- Ini sedikit penjelasan mengenai manfaat dan kegunaan asap cair dari tempurung kelapa. Asap cair didalamnya  mengandung senyawa fenol yang bersifat sebagai antioksidan, sehingga dapat menghambat kerusakan pangan dengan cara mendonorkan hidrogen. Bahkan dalam jumlah kecil pun  asap cair sangat efektif untuk menghambat autooksidasi lemak, sehingga dapat mengurangi kerusakan pangan karena oksidasi lemak oleh oksigen.

Kandungan asam yang terdapat dalam asap cair juga efektif untuk mematikan dan menghambat pertumbuhan mikroba pada produk-produk makanan dengan cara senyawa asam itu menembus dinding sel mikroorganisme yang menyebabkan sel mikroorganisme menjadi lisis kemudian mati.

Penggunaan asap cair dapat menurunkan jumlah bakteri dalam produk makanan,sehingga kerusakan pangan oleh mikroorganisme dapat dihambat dan bisa  meningkatkan umur simpan produk pangan. Berikut penjelasan mengenai urutan/grade pada asap cair serta kegunaannya.

Asap cair Grade 3 : Untuk Asap Cair Grade 3 tidak dapat digunakan dalam proses pengawetan makanan, karena masih banyak mengandung tar yang karsinogenik, tetapi Asap cair grade 3dapat digunakan untuk  pengolahan karet (penghilang bau) dan pengawet kayu biar tahan terhadapgangguan rayap.

Asap cair Grade 2 : Nah untuk Grade 2 mulai bisa digunakan  untuk bahan pengawet makanan sebagai pengganti formalin dengan taste asap seperti pada  (daging asap, ikan asap/bandeng asap) berwarna kecoklatan transparan, rasa asam sedang, aroma asap lemah. Penggunaanya bisa dengan  cara  ikan (yang sudah dibersihkan) dicelupkan ke dalam 25 persen asap cair dengan ditambahkan garam. Biasanya ikan yang diawetkan dengan menggunakan asap cair grade 2 bisa tahan selama tiga hari.

Asap cair grade 1 : Untuk Grade 1 bisa digunakan sebagai pengawet makanan siap saji seperti pada bakso, mie, tahu, bumbu-bumbu barbaque. Kualitas Asap cair grade 1 ini dari segi warna terlihat bening, dengan rasa sedikit asam, aroma netral dan merupakan asap cair paling baik serta tidak mengandung senyawa yang berbahaya untuk diaplikasikan ke produk makanan.

Pengggunaan Asap cair Grade 1 untuk dalam mengawetkan makanan terutama yang siap saji adalah dengan menyiapkan sekitar 15 cc Asap cair dan dilarutkan dalam 1 liter air, kemudian campurkan larutan tersebut ke dalam 1 kg adonan bakso, mie atau tahu, dalam perebusan pun bisa juga digunakan larutan asap cair dengan kadar yang sama dilarutkan dalam adonan makanan.

0 Comments:

Post a Comment