6:42 PM
Ilustrasi Usaha Di Pedesaan/Istimewa

PC- Kalau ingat desa atau kampung yang terbayang adalah suasana pesawahan,perkebunan atau pegunungan yang asri dan kualitas udara yang masih segar. Namun dibalik kenikmatan itu semua terkadang kita kesulitan dalam mencari sesuatu barang atau kebutuhan sehari-hari.

Hal ini tentunya dikarenakan didaerah dari segi jumlah penduduk dan keperluan para penduduk sendiri tidak seramai dan setinggi permintaannya seperti dikota-kota besar. Tetapi seiring perkembangan jaman dan tingkat kunjungan orang-orang dari kota memang terkadang kita menemui kesulitan apabila berkunjung ke pedesaan. Contoh terdekat adalah apabila hari raya Idul Fitri tiba disaat para perantau mudik ke kampung halaman sering kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik berupa jasa atau barang.

Berikut 10 Jenis Peluang Usaha atau Bisnis Di Pedesaan :

1. Jualan Pulsa
Komunikasi sekarang peranannya dalam kehidupan nyata sudah mulai bergeser dari manual ke elektronik, dari face to face atau dengan surat sekarang cukup dengan handphone semua urusan yang menyangkut komunikasi kelar dengan benda yang semakin kesini semakin canggih. Nah tentunya secanggih apapun alat komunikasi kita tidak akan ada artinya apabila tidak ada isinnya atau pulsa yang mengatur waktu atau paket data untuk berkomunikasi.

Hal ini menjadi satu peluang bisnis bagi masyarakat pedesaan untuk berjualan pulsa dan sekarang tidak perlu punya kios atau tempat yang perlu modal cukup lumayan, tetapi anda cukup menggunakan satu perangkat handphone yang bisa diseting untuk berjualan pulsa.

2. Pom Bensin Mini
Mudahnya masyarakat mendapatkan kendaraan terutama roda dua mendorong permintaan konsumsi BBM sampai kepelosok desa tentunya harus ditunjang dengan fasilitas atau ketersediaan bahan bakar dengan penyimpanan yang lebih aman dan volume yang cukup banyak.  Apalagi disaat lebaran tiba tentunya volume kendaraan yang berada di desa semakin banyak dan ini tentunya memerlukan konsumsi BBM yang lebih dan diharapkan dengan jarak yang tidak terlalu jauh atau harus ke kota.

3. Toko Pakaian 
Hadirnya televisi dan semakin banyaknya pengguna media sosial sampai pedesaan mendorong adanya perubahan gaya hidup terutama menyangkut fashion atau gaya berbusana/pakaian. Sekarang apa yang sedang trend dikota virusnya dengan cepat dapat menular ke pedesaan dan tentunya ini merupakan satu peluang usaha lagi bagi yang mau jeli melihat perkembangan ini. Bukalah toko pakaian kecil-kecilan dan bisa memanfaatkan area/sekitar rumah kita yang disulap bak sebuah toko baju.

4. Olahan Makanan 
Banyaknya bahan baku seperti umbi-umbian memungkinkan kita berkreasi membuat sebuah makanan ringan yang dikemas dan dapat dijual dengan harga yang lebih tinggi apabila kita mau memasarkannya lewat online atau media sosial. Contoj Keripik dengan beraneka ragam rasa atau panganan khas daerah masing-masing yang mungkin bisa lain nilainya apabila yang membeli orang kota atau dari daerah lainnya.

5. Fotocopy Dan ATK
Usaha ini memang identik dengan perkotaan namun seiring perkembangan zaman kini dunia pendidikan dan pemerintahan sudah sangat familiar dengan yang namanya dokumen, dan tidak jarang kesulitan apabila kita harus memperbanyak sebuah dokumen apalagi dengan waktu yang buru-buru kita rasanya cukup direpotkan kalau harus ke kota yang terkadang jaraknya cukup jauh dan medannya tidak begitu bagus. Bisa saja kita menyewa atau membeli mesin fotocopy yang sekala kecil untk menunjang kebutuhan masyarakat di sekitar kita.

Fotocopy biasanya identik dengan alat tulis kantor (ATK) yang memang bisa menjadi bisnis penunjang selain usaha jasa fotocopy. Apalagi kalau tempat kita membuka usaha berdekatan dengan sekolah tentunya akan menambah nilai ekominis yang baik bagi kita yang bergerak dibidang jasa fotocopy dan jualan alat tulis.

6.Cuci Steam
Meningkatnya kepemilikan kendaraan didaerah terutama dipedesaan dengan hampir disetiap rumah memiliki sepeda motor tentunya akan membuka peluang usaha lain seperti cuci steam atau tempat pencucian kendaraan apalagi kalau mau sedikit berinovasi dengan sistem salju dengan warna yang sesuai keinginan tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi si konsumen.

7. Bengkel Sepeda Motor
Namanya kendaraan kalau digunakan terus pasti sampai suatu waktu terjadi kehausan atau kerusakan terhadap komponen yang ada dan ini tentunya diperlukan perawatan yang berkala atau bahkan diganti dengan sperpart yang baru. Buka usaha bengkel sepeda motor sepertinya menjadi solusi bagi para pemuda di desa terutama yang memiliki keahlian atau punya keinginan dalam usaha jasa bengkel sepeda motor.

8. Tukang Jahit Pakaian
Profesi ini memang tidak semua orang bisa tetapi bagi anda yang mempunyai keterampilan tentang duni jahit menjahit tentunya akan menjadi peluang usaha dengan saingan yang tidak banyak karena memang sangat jarang tukang jahit di pedesaan.

9. Jasa Service
Semakin banyak masyarakat menggunakan alat-alat yang menggunakan listrik atau elektronik tentunya ada sebuah peluang usaha bagi anda yang seneng otak atik barang-barang elektronik seperti televisi, kulkas,handphone dan lain sebagainya.

10. Penyediaan Bibit dan Obat Tanaman
Masih terbukanya lahan pertanian di pedesaan menjadi peluang bagi kita dalam hal penyediaan bibit tanaman dan sekaligus obat tanaman baik untuk perangsang atau pembasmi hama. Hal ini terkadang menjadi kendala tersendiri bagi para petani jika datang masa tanam atau adanya serangan hama, mereka harus pergi ke kota hanya untuk mungkin membeli sekantong bibit atau obat pembasmi hama. Dengan kita membuka warung penyedia bibit dan obat bagi tanaman tentunya selain kita bisnis ini akan membantu mempermudah para petani disekitar kita.

Nah itulah 10 jenis usaha yang kiranya menjadi inspirasi anda yang berada dipedesaan atau perkampungan yang ingin membuka bisnis dan tidak harus jauh-jauh ke kota yang tingkat kompetisinya sudah semakin keras dan sulit.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu anda dalam mencari jenis usaha yang cocok untuk dikembangkan di pedesaan.




0 Comments:

Post a Comment