6:16 AM
Ilustrasi :pixabay

PC -  Akhir-akhir ini di sebagian wilayah Indonesia merasakan cuaca yang cukup dingin meskipun keadaan panas disiang hari. Hal ini menyebabkan udara jadi mengering kemudian menyebabkan kurangnya kelembaban pada kulit kita terutama kulit tangan. Penyebab kulit tangan kering lainnya terutama bagi kaum perempuan adalah adanya aktifitas rutin seperti  mencuci tangan setiap hari (dokter), perawat, pencuci piring atau penata rambut menjadi lebih rentan terhadap kulit kering karena sering terkena bahan kimia atau sabun. 


Hal ini bisa mengakibatkan kondisi kulit  tidak enak dipandang, tentunya kebiasaan yang membuat kulit kering ini lama kelamaan akan membuat kulit menjadi pecah-pecah dan semakin sulit diatasi.

Lalu bagaimana kita bisa mengatasi permasalahan tersebut? dibawah ini terdapat 10 cara untuk mempertahankan kelembaban kulit :

1. Gunakan Pelembab
          Salah satu penyebab kulita tangan kering adalah aktifitas cuci tangan yang sering dan untuk mengatasinya gunakan  krim pelembab khusus untuk tangan. Hal ini dapat mengembalikan kadar air dalam kulit dan menjadikannya stabil.

2. Manfaatkan Lidah buaya
        Lidah buaya dikenal karena sifat antibiotik dan anti-inflamasi. Untuk mengaplikasikannya, kamu tidak perlu resep tertentu. Langsung dioleskan juga bisa, atau kamu bisa memakai aloe vera gel yang sudah banyak beredar di pasaran. 

3. Lakukan eksfoliasi
          Eksfoliasi ringan pada kulit dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, kering, dan rusak. Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun dengan 1 hingga 2 sendok makan gula pasir dan lakukan eksfoliasi ke seluruh bagian tangan.

4. Lindungi kulit dari sinar matahari
          Sinar matahari dapat mengeringkan kulit, menyebabkan luka bakar, dan lebih parahnya bisa menimbulkan kanker kulit. Kamu dapat mengaplikasikan sunscreen ke tangan dan seluruh tubuh untuk mencegah paparan sinar matahari langsung.

5. Kenakan sarung tangan
          Jika kamu termasuk orang-orang yang harus terkena air setiap saat, mungkin kamu harus pertimbangkan untuk memakai sarung tangan karet. Terlalu lama kulit terendam air dapat menyapu minyak alami kulit sehingga membuat kulit semakin kering.

6. Cobalah melembabkan tangan semalaman
          Apabila tanganmu terasa super kering, kamu bisa mengaplikasikan lotion atau krim pelembab sebelum tidur. Pakailah dengan jumlah yang lebih banyak daripada di siang hari. Biarkan selama semalam sehingga kulit dapat menyerapnya. 

7. Hindari pengering udara panas
          Selesai mencuci tangan, hindari menggunakan pengering udara yang panas. Meskipun tangan akan kering lebih cepat dari air, namun udara panas ini terlalu mengeringkan kulit. Sebaiknya mulai gunakan tissue atau tepuk tangan sampai kering.

8. Hindari sabun
          Meskipun membersihkan, namun bahan kimia dalam sabun memiliki efek yang mengeringkan kulit. Hindari mencuci tangan secara berlebihan menggunakan sabun.

9. Gunakan pelembab udara
Penggunaan pelembab udara elektronik di rumah bisa menjadi solusi tambahan apabila kamu hidup di lingkungan yang cenderung kering atau selama musim dingin. Tempatkan di kamar tidurmu dan rasakan perbedaannya. 

10. Kurangi stres
          Bagi penderita eksim, stres dapat memicu wabah atau kambuh. Mengurangi stres dapat membantu seseorang dengan eksim agar tidak memiliki kulit kering di tangan mereka dan area tubuh lainnya.

Itulah sepuluh tips yang semoga bermanfaat dan artikel ini pernah dimuat sebelumnya di blog allyoung.co.id

0 Comments:

Post a Comment