6:32 AM
Ilustrasi by pixabay

PC - Disadari atau tidak  seseorang sering melakukan kebiasaan yang bisa mengakibatkan kerusakan pada kulit dan mempercepat proses penuaan. Kebiasaan buruk ini akan memberikan efek negatif jangka panjang secara keseluruhan penampilan dan kesehatan kulit.

Dibawah ini mungkin secara tidak disadarai ada kebiasaan yang sering atau pernah anda lakukan yang awalnya demi kecantikan kulit namun malah mengakibatkan efek tidak baik kedepannya.


1. Membersihkan kulit berlebihan
Membersihkan kulit secera berlebihan justru tidak akan membuat kulitmu cantik dan sehat. Justru bisa membuat kulitmu kering akibat hilangnya kelembapan alaminya. Kulit kering bisa membuat kulit mengalami penuaan dini, seperti garis halus dan keriput. Sebaiknya, bersihkan kulit maksimal dua kali sehari.
2. Menggunakan banyak produk
Banyak orang beranggapan menggunakan banyak produk perawatan atau skincare dapat merawat kulit secara menyeluruh sampai ke akarnya atau tuntas. Namun, siapa sangka jika menggunakan banyak skincare dalam satu waktu justru bisa merusak kulit. Sebab, kulit hanya bisa menerima tiga produk dalam satu waktu.
3. Pembersih wajah berbahan keras
Saat membeli pembersih wajah, jangan lupa untuk melihat kandungannya. Pembersih wajah berbahan keras dapat menyerap kelembapan alami dan membuat kulit dehidrasi. Dianjurkan gunakan produk pembersih wajah mengandung bahan alami.
4. Tidak merawat area mata
Banyak orang yang mengabaikan perawatan area mata. Maka tak heran, jika masalah kantung mata, mata panda, bengkak, hingga keriput muncul. Kulit area mata tipis dan sensitif, kamu perlu memerhatikan bagian wajah ini. Jika kamu mengabaikan perawatan mata, bisa membuatmu terlihat cepat tua akibat mata lelah. Mata yang terlihat segar dapat membuatmu tampak awet muda.
5. Melewatkan sunscreen
Sebagian orang menganggap sunscreen tidak dibutuhkan dalam perawatan kulit. Mereka menganggap menggunakan pelembab yang mengandung SPF sudah lebih dari cukup. Sunscreen tetap dibutuhkan, karena pelembab yang mengandung SPF terkadang tidak bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari secara menyeluruh.
6. Melewatkan eksfoliasi
Eksfoliasi penting untuk mengangkat kulit mati. Regenerasi kulit penting untuk membuat wajah terlihat awet muda dan lembab. Menumpuknya kulit mati di wajah dapat menyebabkan kulit kusam dan berjerawat. Rutinlah untuk eksfoliasi kulit minimal satu minggu sekali.
7. Melewatkan area leher
Area leher terkadang sering terabaikan oleh sebagian wanita. Padahal, area leher sama pentingnya dengan wajah. Karena sering terabaikan, leher menjadi area yang paling cepat keriput atau mengalami penuaan dini dan berwarna lebih gelap. Disarankan, untuk selalu merawat kulit leher dengan pelembab khusus atau wajah.
8. Memencet jerawat
Saat ada jerawat tumbuh di wajah, terkadang suka gemas untuk memencetnya. Namun, itu bukan jalan baik untuk membasi jerawat. Justru kebiaasan ini dapat menyebabkan infeksi parah dan menimbulkan jerawat lainnya karena bakterinya menyebar ke seluruh wajah. Disarankan, gunakan obat khusus untuk menghilangkan jerawat.
9. Tidur dengan makeup
Terbiasa tidur dengan makeup bisa merusak kulit. Produk makeup mengandung bahan kimia yang jika dibiarkan semalaman, kulit bisa membuat kulit kusam, kering, berminyak, hingga berjerawat. Sebab, produk makeupnya menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat di wajah.
Nah itulah sembilan kebiasaan buruk yang harus anda hindari agar terhindar dari proses penuaan dini. Artikel ini pernah dimuat sebelumnya di allyoung.co.id

0 Comments:

Post a Comment