7:23 AM
Dfr px826.jpg
Lampu Petromaks

Hampir Terlupakan

Keberadaanya hampir terlupakan, bahkan anak-anak  sekarang sudah tidak tahu lagi yang namanya lampu Petromaks. lampu Petromaks tergeser atau tergantikan perannya oleh lampu-lampu modern yang menggunakan daya listrik.

Di era 90an kesana Petromaks sangat berperan penting di masyarakat terutama dalam acara-acara yang diseenggarakan pada malam hari. Hampir disetiap rumah dulu mempunnyai lampu yang menyalakannya ini di bantu spiritus (farafin, kerosin) dengan memompanya terlebih dahulu.

Bahan Bakar Minyak Tanah

Untuk menyalakannya lampu ini tidak hanya dibantu oleh spiritus (farafin, kerosin) tetapi tabungnya harus diisi dengan tekanan angin yang dipompa serta berbahan bakar Minyak Tanah.

Diera modern ini perannya sudah tergantikan oleh lampu modern, dan meskipun mati listrik masyarakat kita lebih memilih lampu emergency yang lebih simple penggunaanya, apalagi sekarang harga minyak tanah tidak semurah dulu bahkan lebih mahal dari bensin, praktis lampu Petromaks ini semakin ditinggalkan. 

Waktu Menyala Lampu Petromaks

Ada yang unik memang dari lampu Petromaks ini, dimana usia menyalanya lampu tergantung tekanan angin dalam tabungnya, jadi semakin lama kalau tekanan anginnya habis maka lampu pun akan meredup sendirinya karena suplai bahan bakarnya berkurang, jadi kita harus memompanya lagi untuk mendapatkan  terang yang maksimal.


Petromaks saat menyala

0 Comments:

Post a Comment