4:22 PM
Ilustrasi


PC - Senam kegel mempunyai manfaat bagi pria maupun wanita. Namun, pembahasan kali ini akan lebih spesifik membahas tentang senam kegel bagi wanita. Senam kegel banyak memberi manfaat dalam berbagai segi khususnya bagi wanita. Lantas, apa sajakah manfaatnya itu? mari kita urai satu persatu.

Membantu pemulihan dan perbaikan otot pasca persalinan
Usai persalinan, wanita mengalami berbagai perubahan secara fisik, di antaranya mengendornya otot panggul. Hal tersebut dapat di atasi dengan melakukan senam kegel secara rutin sewaktu hamil.

Memperlancar proses persalinan
Otot panggul menjadi lebih kuat dan elastis adalah salah satu manfaat senam kegel. Hal tersebut sangat berguna untuk membuka jalan lahir serta mengurangi resiko episiotomi saat bersalin. Perlu diketahui bahwa senam kegel masuk menjadi bagian dari senam hamil.

Membantu mengontrol otot untuk buang air
Fokus otot yang dilatih dalam senam kegel ini adalah sekitar panggul dan kemaluan. Oleh karenanya, respon otot-otot cincin di lubang pengeluaran pun menjadi lebih peka dan terlatih. Proses buang air pun lebih terkendali. Hal ini sekaligus mengurangi proses urinasi (inkontinensia) ketidakmampuan buang air setelah persalinan.

Meremajakan otot-otot panggul
Bagi wanita yang telah mengalami menopause, banyak terjadi atrofi termasuk pada otot panggulnya. Inkontinensia urine (ketidakmampuan mengatur pengeluaran urne) pun sangat mungkin terjadi. Oleh karenanya, senam kegel sangat bermanfaat untuk meremajakan kembali otot-otot yang telah mengalami atrofi.

Nah bagi anda yang belum pernah atau baru berniat melakukan senam kegel rasanya jangan ditunggu-tunggu lagi karena jelas banyak manfaatnya kalau kita tau cara melakukannya dengan benar. Disarankan cari mentor atau pembimbing yang sudah mahir dan mengerti mengenai seluruh gerakan senam kegel.

0 Comments:

Post a Comment