8:30 AM
Es Batu Yang Dicampur Pada Sebuah Minuman/pixabay
PC - Pelengkap minuman dingin ini ternyata punya cerita yang unik dan cukup menghebohkan saat pertama masuk ke Indonesia. Ya betul, Es Batu namanya awal mulanya menjadi barang mewah yang hanya bisa dikonsumsi oleh kalangan menengah keatas dan golongan tertentu saja.

Menurut sejarahnya es batu masuk Indonesia pertama kali menjadi berita heboh dan sempat masuk surat kabar pada masa kolonial Belanda. Pesanan para menir itu langsung dari Boston Amerika Serikat dengan menggunakan kapal pesiar. Diambil dari berbagai sumber bahwa es batu masuk Indonesia pertama kalinya adalah pada 16 November 1846.

Pada saat itu kaum pribumi banyak yang penasaran dan terheran-heran dengan keberadaan es batu, ada yang menyatakan benda itu bisa beruap bahkan ada yang menyangka juga itu adalah kristal. Beberapa tahun kemudian tepatnya 1870 para pendatang yang melancong ke Indonesia sangat menggemari minuman yang dicampur dengan es batu.

Pada masa itu kaum elit Belanda yang tinggal di kawasan Sawah Besar Jakarta pusat dan Mester Jakarta Timur adalah sekumpulan orang yang hanya mereka yang mampu menikmati es batu tersebut.
Pada waktu itu juga tidak semua orang Belanda bisa menikmatinya, jadi hanya orang kalangan atas saja yang bisa menikmati es batu.

Es batu mendapatkan tempat yang istimewa terutama disaat acara-acara penting dan termasuk hidangan mewah. Pabrik es batu sendiri baru dibuka di kawasan Jalan Gajah Mada, Petojo 25 tahun kemudian setelah kedatangannya ke Indonesia.

Masyarakat sendiri pada waktu itu memberi nama es batu dengan sebutan Es Petojo karena memang pabriknya berada dikawasan Petojo. Setelah pembukaan pabrik pertama es batu di Indonesia akhirnya beberapa waktu kemudian berdiri dan menyebar pabrik-pabrik es batu ke daerah lainnya di pulau Jawa diantaranya Bandung, Sukabumi, Cirebon, Bogor, Pekalongan, Solo, Semarang dan Surabaya.

Kini keberadaan es batu sangat mudah untuk dijumpai dan dengan hadirnya lemari pendingin (kulkas) memudahkan orang untuk bisa menikmati sajian dingin dan segarnya dari es batu. Es batu sendiri hadir dalam bentuk block ice, tube ice, cube ice, crusher ice dan carving ice.

Itulah sejarah masuknya es batu ke Indonesia sejak awal masuk sampai kini yang bisa dijumpai hampir disetiap rumah dan tidak menjadikannya barang mewah lagi, semoga bermanfaat.

*diambil dari berbagai sumber


0 Comments:

Post a Comment