1:12 PM


Sepeda Motor, Jalan, Mempercepat
Ilustrasi
PC - Mudik memang sudah menjadi tradisi atau agenda tahunan yang selalu ditunggu masyarakat yang setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Berbagai moda transportasi menjadi pilihan bagi masyarakat yang kan mudik ke kampung halaman baik dengan Pesawat Terbang, Kapal Laut, Kereta Api, Bus, Mobil pribadi maupun sepeda motor.

Untuk sepeda motor memang pemerintah sudah menganjurkan tidak digunakan sebagai alat transportasi jarak jauh apalagi membawa keluarga terutama anak-anak. Pemerintah telah mengambil solusi bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor dengan diadakannya program mudik gratis dan sepeda motornya diangkut truck untuk tetap bisa digunakan dikampung halaman masing-masing.

Namun apabila anda tetap maksa mudik dengan menggunakan roda dua (sepeda motor) berikut ini ada beberapa tips berdasarkan pengalaman admin pernah beberapa kali mudik dengan sepeda motor.

Beberapa tahapan yang harus kita persiapkan sebelum mudik dengan sepeda motor :

1. Niat dan Mental

Dalam hal ini tentunya kita harus benar-benar siap dalam melaksanakan perjalanan mudik dengan sepeda mortor, nah yang pertama kita tentunya harus berniat dengan tulus dan ikhlas melakukan perjalanan dengan sepeda motor dan mental pun harus benar-benar terjaga karena situasi dijalur yang akan kita lalui tentunya kurang bersahabat karena bukan jalur yang biasa kita lalui sehari-hari. 

Disini pastinya mental sangat berpengaruh dalam mengatur atau mengontrol emosi apabila terjadi hal-hal yang diluar dugaan baik diakibatkan oleh ulah pengendara lain atau karena cuaca dan kondisi alam yang dapat mempengaruhi mental kita sehingga berakibat pada sikap kita dalam berkendara.

2. Jaga Kebugaran

Jarak tempuh yang cukup jauh tentunya akan banyak menguras tenaga apalagi kalau perjalanan dalam kondisi siang dan dibawah terik matahari atau hujan sekalipun, tentunya akan berpengaruh pada kondisi tubuh dan kebugaran kita.

Sebelum melakukan mudik dengan sepeda motor siapkan fisik dengan melakukan olahraga rutin setiap pagi atau sore bisa dipilih waktunya apalagi kalau anda melaksanakan puasa. Hal ini tentunya kan membantu anda tetap bugar dalam perjalanan mudik nantinya.

Jaga stamina juga dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang seimbang serta teratur dalam minum air putih agar kesegaran dan kebugaran tetap terjaga, sesekali diseling dengan minum vitamin/suplemen secara teratur.

3. Persiapkan Kendaraan & Kelengkapan Berkendara

Hal terpenting agar mudik aman, nyaman dan selamat sampai tujuan adalah harus ditunjang dengan kondisi kendaraan yang prima. Lakukan pengecekan secara menyeluruh dan usahakan ke bengkel resmi atau memang bengkel yang sudah punya pengalaman dalam hal service kendaraan roda dua.

Ganti semua part yang kira-kira bisa membuat anda susah dalam perjalanan. Kalau dimungkinkan bawa beberapa part cadangan untuk diperjalanan misal (busi, ban dalam, Van belt khusus matic) serta bawa perlengkapan kunci-kunci yang banyak digunakan pada kendaraan anda,

Jangan lupa kelengkapan berkendara, seperti surat-surat kendaraan, identitas diri serta apparel yang akan kita gunakan, mulai jaket (usahakan kulit) sarung tangan, sepatu dan helm (berstandar).


4. Pilih Waktu Mudik

Bagi anda yang masih muda atau kondisi fisik dan pandangannya masih bagus waktu malam hari memang boleh menjadi pilihan mudik karena selain cuaca yang adem tentunya dapat mengurangi dehidrasi dan kelelahan dibanding perjalanan disiang hari. Namun kalau kondisi pandangan anda sudah menurun terutama apabila terkena sorotan lampu kendaraan lain ini bisa membahayakan keselaman anda, usahakan berangkat subuh dan menempuh perjalanan siang hari. 

5. Jangan Membawa Barang Yang Berlebihan

Jangan membawa barang yang berlebihan yang dapat mengganggu kenyamanan anda berkendara. Usahakan barang-barang bawaan dipaketkan sebelum kita mudik lewat jasa ekspedisi agar tidak bikin repot dalam perjalanan anda.

6. Cari Tahu Kondisi Jalur Yang Akan Dilalui

Kalau kita jarang pulang terkadang jalanan yang biasa kita lalui cepat mengalami perubahan baik kondisi fisiknya atau medannya sendiri yang banyak mengalami perubahan. Kenali titik macet dan rawan lainnya agar kita lebih siap.

Usahakan mengetahui jalur alternatif yang aman apabila jalur utama mengalami masalah, misalnya ada longsor atau macet total. Dengan kecanggihan teknologi sekarang tentunya kita tidak akan sulit untuk bisa memantau jalur-jalur yang bisa dilalui pemudik serta lengkap dengan kondisi terkini.

7. Jaga Sikap Berkendara

Ingat, perjalanan  mudik bukan ajak kebut-kebutan atau ugal-ugalan. Jadi sikap berkendara harus dalam kontrol emosi yang penuh sehingga tidak mengakibatkan insiden atau dapat membahayakan bagi anda bahkan keselamatan orang lain.

Selalu fokus bahwa perjalanan yang anda lakukan adalah bertujuan untuk berkumpul dengan keluarga dikampung halaman serta bayangkan semua keluarga berharap anda selamat sampai tujuan. Sikap berkendara juga dapat mempengaruhi kondisi fisik dan mental anda nantinya.

8. Atur Masa Istirahat

Untuk tetap menjaga kestabilan serta tetap fokus tentunya kita tidak harus memaksakan diri memacu kendaraan apabila kondisi anda sudah menurun (lemah). Usahakan tidak lebih 2 jam anda berkendara karena bisa mengakibatkan hilang konsentrasi akibat kelelahan. 

Cari tempat istirahat yang aman dan nyaman serta manfaatkan masa istirahat untuk mengecek kondisi kendaraan dan memulihkan kebugaran tubuh anda. Kalau tidak berpuasa pada perjalanan siang hari usahakan minum air yang cukup agar tidak dehidrasi dan membantu pemulihan rasa lelah anda.

Jangan terlalu banyak makan yang berat-berat karena bisa mengakibatkan rasa ngantuk datang pastinya itu sangat berbahaya apabila anda mengendarai kendaraan apalagi dalam kondisi mudik yang pastinya ramai.

9. Menghormati Pengguna Jalan Lain

Meskipun biasanya jalur mudik menjadi spesial bagi para pengendara yang akan melakukan perjalanan pulang kampung bukan berarti kita boleh semena-mena dalam memacu kendaraan dijalanan. 

Kita harus tetap saling hormat dengan pengguna jalan lainnya baik sesama roda dua atau kendaraan lainnya bahkan para penyeberang jalan pun harus kita hormati untuk menghindari insiden yang tidak kita inginkan. 

Selalu waspada dan jeli melihat situasi dan kondisi jalanan, karena meskipun kita sudah hati-hati tetapi belum tentu dengan pengguna jalan lainnya.
Selalu bersikap sopanlah dijalanan...

10. Ikuti Semua Rambu/Petunjuk Jalan

Dalam perjalanan mudik terkadang kita suka menyepelekan yang namanya rambu atau petunjuk yang sudah dibuat oleh para petugas untuk memperlancar perjalanan pemudik. Terkadang kita lalai dengan semua itu dan untuk tetap menjaga kewaspadaan kita usahakan selalu patuh pada aturan lalu lintas serta petunjuk lainnya yang tentunya bertujuan untuk keselamatan semua pengguna jalan.

11. Manfaatkan Posko Mudik

Sepanjang jalur mudik sudah dipastikan banyak posko-posko yang didirikan oleh beberapa perusahaan termasuk dealer kendaraan, biasanya banyak fasilitas yang ditawarkan secara gratis seperti pengecekan kendaraan, pijat gratis, takjil gratis dan banyak hal-hal lain yang bisa kita manfaatkan pada saat mudik.

12. Ucapkan Syukur

Apabila anda sudah sampai tempat tujuan dengan selamat jangan lupa ucapkan syukur kepada Allah SWT atas nikmat yang kita terima berupa kemudahan dan keselamatan dalam perjalanan mudik anda.

Nah kiranya itulah 11 point penting yang mungkin bisa anda lakukan apabila mudik dengan menggunakan sepeda motor dan itu murni pengalaman yang memang pernah dilalui penulis hampir setiap tahun dan alhamdulillah selalu diberi kelancaran.

0 Comments:

Post a Comment