11:02 PM
Balai Pertemuan Kampung Cikancah (dok.ws78)

Sudah saatnya direnovasi

PorCik - Bangunannya sudah tidak muda lagi, tetapi tempat ini merupakan bangunan yang cukup panjang sejarahnya terutama yang menyangkut pertemuan-pertemuan yang tidak jarang menghasilkan berbagai keputusan terbaik buat warga kampung Cikancah. Dibangunan inilah lahir berbagai macam  kesepakatan antara pemimpin dan warganya.

Kini bangunan yang sudah berdiri puluhan tahun ini seyogyanya sudah harus mendapat perhatian khusus untuk segera dipugar atau diremajakan mengingat pentingnya sarana yang memang satu-satunya fasilitas pertemuan yang berdiri di kampung Cikancah.  Sudah saatnya antara pemimpin dan warga bersepakat memikirkan untuk memugar atau merenovasi Balai Pertemuan tersebut, mengingat di era sekarang ini peran aktif pemerintahan dalam pelayanan terjadap masyarakat sudah harus sampai ke lapisan paling bawah.

Kampung merupakan bagian dari pemerintahan yang langsung bersinggungan dengan warga lapisan paling bawah sebelum Rukun Warga (RW) atau Rukun Tetangga (RT), atas dasar itulah semua fasilitas umum terutama di kampung semestinya sudah harus berfungsi dengan baik dan dalam kondisi layak sesusai dengan peruntukan dan fungsinya masing-masing.

Identitas Kampung

Selain kondisi sosial masyarakatnya, bangunan atau sarana umum juga bisa menjadi identitas atau cerminan dari suatu daerah, dari penampilan, penataan dan sejauh mana bangunan itu dapat digunakan atau difungsikan dengan baik.  Suatu bangunan bisa menjadi ikon sebuah kota atau tempat apabila mempunyai nilai-nilai yang memang berbeda dengan yang lainnya. 

Jadi meskipun sebuah balai pertemuan di tingkat kampung kalau dirancang dengan arsitektur yang berbeda atau mempunyai falsafah/arti terhadap sesuatu yang berhubungan dengan khas kedaerahannya niscaya akan menjadikan bangunan tersebut menjadi mempunyai arti atau nilai yang tinggi dan dapat menunjukkan identitas dari kondisi masyarakatnya.

Semoga dengan Kepala Dusun yang terpilih sekarang (Bpk. Rudiyanto) mengingat usianya masih muda dapat memberikan perbaikan-perbaikan atau terobosan baik menyangkut birokrasi atau penataan kampung dari berbagai sisi termasuk didalamnya semua fasilitas umum di kampung Cikancah yang salah satunya Balai Pertemuan tersebut. (w)s

0 Comments:

Post a Comment