8:46 AM

Mendadak sulit membuat artikel



Sebagai manusia pastinya kita pernah yang namanya bingung bukan kepalang, mau apa atau kemana saja tidak bisa memutuskan, rasanya buntu semua pikiran dan tidak ada ide sama sekali atau jalan keluar. Kejadian itu juga sering menimpa para blogger yang sehari-harinya berkutat dengan postingan dari berbagai artikel utntuk di publish.

Semakin dicari biasanya ide menulis kadang semakin jauh dan susah menemukan ide atau masalah apa yang akan dituangkan dalam sebuah arikel, kalau sudah begini repot bisanya malah uring-uringan ngak jelas.

Beberapa tips mengatasi masalah tersebut

  • Coba tenangkan pikiran, jangan dipaksa untuk fokus terhadap masalah tertentu, minum air putih dan keluar ruangan atau rumah untuk sekedar menghirup udara segar.
  • Gugling sana sini untuk sekedar mencari referensi menulis, atau kunjungi beberapa blog terkenal.
  • Cari tempat yang sudah lama mungkin tidak pernah dikunjungi tetapi mempunyai kesan tersendiri bagi anda, rasakan beberapa kesan yang timbul dari tempat tersebut.
  • Kunjungi atau hubungi beberapa teman lama dan tanya kabar atau pekerjaan apa yang sedang mereka kerjaan saat ini, bisasanya akan menambah ide baru bagi kita yang mendengarnya.
  • Lihat beberapa koleksi buku atau majalah anda yang mungkin sudah lama tidak pernah dibuka atau dibaca, cari beberapa hal yang mungkin berhubungan dengan artikel yang mau anda tulis.
  • Pergi ke tempat wisata yang tidak terlalu jauh dari tempat tinggal anda, lupakan semua kesulitan yang ada dan nikmati sepenuhnya suasana tempat atau sarana yang ada disana untuk merefresh otak anda.
  • Perhatikan hal-hal baru yang mungkin bisa menjadi menarik bagi anda misal dengan fotography, menikmati lukisan, olahraga dan atau bahkan menyaksikan pentas seni tradisional untuk sekedar mengenang masa lalu dan biasanya akan menyegarkan kembali pikiran kita.
  • Kalau sudah terasa segar, kembali ke laptop atau PC anda dan segeralah menulis artikel sebelum hilang lagi semangatnya.
Itulah beberapa tips yang mungkin bisa membantu anda apabila kejadian itu pernah atau sedang anda alami saat ini, dan biasanya kejadian ini sering menimpa para blogger yang baru belajar atau new bie.

Jangan pernah malu atau ragu untuk sharing atau bertanya dengan teman atau para master di blogger terutama bagi anda yang sering sharing di beberapa komunitas blogger di dunia maya. Tetaplah jadi diri sendiri dan percaya pada kemampuan anda bahwa mampu dan bisa sejajar dengan para bloggger lainnya, tanamkan perasaan itu untuk menjadikan anda blogger atau penulis yang handal.



0 Comments:

Post a Comment