12:04 PM
Ani-ani (doc.google)

PENGERTIAN ANI-ANI

Ani-ani adalah sebuah alat memanen atau pemotong batang padi yang terbuat dari kayu, pegangannya terbuat dari selongsong bambu kecil dan sebilah pisau kecil yang ukurannya tidak lebih besar dari telapak tangan. Masyarakat sunda atau jawa dahulu selalu memakai Ani-ani sebagai alat untuk memanen padi. 

Kelebihan dan Kekurangannya

Karena alat ini ukurannya cukup kecil dan penggunaanya pun sangat sederhana dimana Ani-ani hanya bisa memotong batang bulir padi satu persatu. Dari segi efisiensi alat tradisional ini cukup banyak memakan waktu dan beda dengan cara di arit atau pakai clurit yang bisa memotong batang padi dalam jumlah yang banyak sekaligus.

Kelebihan Ani-ani adalah para petani bisa lebih selektif dalam meotong batang padi dan tidak semua padi dapat dipanen atau dipotong pada saat yang sama karena biasanya kalau yang masih hijau para petani akan menyisakan untuk dipanen dikemudian hari.

Kepercayaan Adat Tradisional Sunda

Pada saat memanen atau memotong padi masyarakat adat tradisional Sunda tidak membenarkan atau melarang memanen padi menggunakan golok atau arit. Menurut masyarakat tradisional Sunda yang masih kukuh memangku adat dalam memanen padi mereka percaya bahwa dewi padi Sari Pohaci Sanghyang Sri  berjiwa halus dan lembut sehingga sangat ketakutan apabila melihat arit atau golok.

Selain itu juga  ada kepercayaan bahwa padi yang akan dipanen, merupakan perwujudan sang dewi, harus diperlakukan dengan hormat dan lembut dipotong satu persatu, tidak boleh dibabat secara kasar begitu saja. Sampai sekarang tradisi kepercayaan itu masih banyak diamalkan oleh sebagian kalangan masyarakat Sunda dan Jawa pada umumnya, misalnya upacara tradisional panen padi masyarakat Sunda yang disebut Seren Tahun.

0 Comments:

Post a Comment