4:54 PM

Kebun Jagung di Cikancah

Usia tanam kira-kira 2 minggu (doc. H. Uung - ws78)
Cikancah merupakan daerah yang berada dibawah pemerintahan Desa Bunter Kec. Sukadana Kab. Ciamis Provinsi Jawa Barat, kalau dilihat dari kondisi dan keadaan daerahnya memang lebih cenderung ke lahan perkebunan dan persawahan.

Jenis tanah yang merah mempengaruhi terhadap jenis tanaman atau komoditas yang cocok di daerah tersebut. Sebelumnya masyarakat sempat ramai-ramai menanam kakau yang bibitnya berasal dari bantuan pemda Kab. Ciamis, tetapi dengan berbagai macam kendala dan hama yang menyerang baik pohon atau buah kakau pelan-pelan masyarakat beralih ke komoditas lain salah satunya adalah menanam jagung.

Dari segi waktu tanam yang relatif pendek jagung juga merupakan tanaman yang cukup familiar di daerah Cikancah dan Desa Bunter umumnya, terbukti terlihat hampir disetiap kampung terdapat beberapa lahan yang memang khusus menanam jagung.  Selain pemanfaatan lahan biar lebih produktif tentunya juga dari nilai ekonomi juga dapat membantu para petani di dusun Cikancah dalam menambah penghasilan.


Belum dimanfaatkan secara maksimal

Hasil panen jagung sendiri dirasa belum memberikan nilai tambah yang lebih karena baru sebatas menjual bijinya saja dan itupun dilakukan secara masing-masing, belum ada koperasi atau kelompok yang menampung hasil panennya.  Jagung sendiri selain bijinya juga terdapat kulit dan bonggolnya yang selama ini belum termanfaatkan dengan baik.

Padahal limbah jagung sendiri bisa dimanfaatkan tetapi karena kurangnya informasi masalah tersebut akhirnya dibuang begitu saja tanpa memiliki nilai ekonomis tambahan selain dari menjual biji jagung.

Peluang Bisnis baru

Dengan maraknya bisnis ayam pedaging yang memang Ciamis merupakan daerah atau sentra peternakan ayam pedaging, itu merupakan peluang bisnis baru bagi para petani jagung untuk memanfaatkan bahan baku jagung sebagai pakan ternak. Sekarang berbagai macam mesin pembuat pelet atau pakan ternak sudah banyak dijual dan itu memudahkan bagi siapa saja yang ingin menggeluti bisnis pengolahan pakan ternak khususnya ayam.

Selain keinginan dari para petani atau masyarakatya sendiri tentu juga perlu campur tangan pemerintah daerah khususnya kabupaten Ciamis untuk memberdayakan masyarakat desa dengan program-program yang tepat guna dan tepat sasaran. Hal ini yang sebenarnya dapat meningkatkan tarap kehidupan masyarakat ditengah-tengah gempuran produk asing apalagi tahun 2016 ini merupakan awal era perdagangan bebas asean (MEA) masyarakat ekonomi asean. 





0 Comments:

Post a Comment